digital program

1.500 Orang Angkat Bendera Raksasa

1.500 Orang Angkat Bendera Raksasa
Ribuan masyarakat dari berbagai elemen ikut mengangkat bendera raksasa

Surabaya – Sambut Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November, sejumlah kota mengadakan beragam acara. Seperti yang ada di Kota Surabaya, 1.500 orang angkat bendera raksasa. Dari berbagai elemen masyarakat  ikut memperingati Hari Pahlawan, dengan cara mengangkat  bendera merah putih raksasa. Dimana bendera raksasa ini sepanjang 500 meter ,dengan  lebar 12 meter. Bendera raksasa diarak keliling  Monumen Tugu Pahlawan Surabaya. Jika dilihat dari ketinggian, terlihat bendera merah putih ini nampak mengelilingi Tugu  Pahlawan Surabaya.

1.500 orang angkat bendera raksasa ini, dari berbagai lapisan elemen masyarakat Kota Surabaya. Baik TNI,  POLRI, Pelajar , Pramuka dan masyarakat umum. Mereka bersatu bergotong royong secara bersamaan mengangkat bendera merah putih  raksasa, dari pertigaan Stasiun Kota Surabaya menuju Monumen Tugu Pahlawan Surabaya.

Kota Surabaya yang disebut sebagai kota pahlawan, acara ini bisa mejadi simbol jiwa nasionalisme masyarakat Surabaya begitu kental. Momen sakral  juga diisi dengan pengucapan ikrar arek arek Suroboyo melawan anarkisme, radikalisme dan terorisme. Tak lupa juga melawan pihak pihak yang mengancam  persatuan dan kesatuan NKRI. Ikrar ini dipimpin langsung oleh Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, AKBP Antonius Agus Rahmanto.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak menambahkan, bahwa kegiatan membawa bendera raksasa ini memiliki makna yang besar dan memiliki  pesan nasionalis. Acara ini juga sebagai wujud betapa beratnya merebut kemerdekaan, dari tangan penjajah pada waktu itu.

Acara ini juga dihadiri semua lapisan masyarakat dengan memakai busana adat, dan pemeluk enam agama. Hadirnya masyarakat dari berbagai agama ini, demi mewujudkan ke-Bhineka Tunggal Ika yaitu berbeda-beda tetapi tetap satu. (Krisna Fajar)

SHARE