digital program

5 Ekor Merak Hijau Menetas

5 Ekor Merak Hijau Menetas
Bayi merak hijau yang baru menetas

Madiun – Lembaga Konservasi Madiun Umbul Square kembali berhasil menakarkan Burung Merak Hijau, atau Green Peafowl. Sebanyak 5 ekor merak hijau menetas pada bulan Setember tahun ini. Setelah tahun sebelumnya Lembaga Konservasi Madiun Umbul Square, berhasil menangkar dan mengembangbiakan burung yang memiliki nama ilmiah Pavo Muticus ini sebanyak lima ekor.

Direktur Madiun Umbul Square, Afri Handoko menyatakan di akhir tahun ini dari tiga ekor indukan Burung Merak di Umbul Square bertelur sebanyak 14 butir telur. Dari 14 butir telur tersebut sebanyak 5 ekor merak hijau berhasil menetas. Empat diantara menetas pada tanggal 4 september dan satu ekor menetas berselang dua hari kemudian.

“Dari enam yang dierami, ada lima yang menetas, satu telur tidak jadi menetas,” kata Afri Handoko.

Semenatara delapan ekor lainya masih dalam proses pengeraman yang dilakukan unggas jenis Kalkun, karena lima indukan Merak Hujau engan mengerami setelah lima telur lainnya menetas.

“Saat ini yang sedang dierami ada delapan telur. Tapi dierami oleh Kalkun, induk inangnya adalah Kalkun,” katanya.

Afri Handoko menambahkan, Merak Hijau memang sulit ditangkarkan di penagkaran, sebab Merak Hijau biasanya enggan mengerami telurnya apabila bertelur bukan di habitat aslinya.

“Merak itu sulit sekali mengerami di penangkaran. Makanya, ini ada satu ekor merak yang mau mengerami dan berhasil menetaskan lima ekor merak ini sangat luar biasa sekali,” imbuhnya.

PENGELOLA TERUS KONTROL KONDISI MERAK

Maka dengan demikian, pengelola sangat menjaga kesehatan dan selalu mengontrol kondisi para Merak setiap harinya.

Terlebih, Merak Hijau milik Madiun Umbul Square merupakan turunan asli dari Merak Hijau Jawa. Hewan berbulu indah ini adalah jenis burung langka yang dilindungi.

Selain indah dan menawan, Merak Hijau milik Madiun Umbul Square ini juga selalu menjadi favorit para pengunjung. Apa lagi saat sang jantan memamerkan bulu indah yang dikembangkan demi memikat sang betina.

Kini Madiun Umbul Square, memiliki momongan baru dengan total Merak Hijau saat ini 16 ekor. (Wiwiet Eko Prasetyo)

 

 

 

 

SHARE