digital program

Aparat Gabungan Bubarkan Kerumunan Warga

Aparat Gabungan Bubarkan Kerumunan Warga
Petugas melakukan pengukuran suhu tubuh di warung kopi.

Probolinggo – Di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, aparat gabungan bubarkan kerumunan warga. Hal itu sebagai upaya penerapan sosial distancing guna mencegah mewabahnya virus Corona atau Covid-19.

Sebelum melakukan operasi, aparat gabungan menggelar apel di halaman Mapolres Probolinggo, Selasa (25/3/2020) malam pukul 20.00 WIB. Mereka terdiri atas personel Polres Probolinggo, TNI, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan dokter polisi (dokpol).

Selesai apel, puluhan petugas bergerak ke sejumlah titik. Petugas terbagi menjadi dua tim. Pertama, tim untuk wilayah Timur yang dipimpin Wakapolres Probolinggo Kompol Agung Setyono. Kedua, tim untuk wilayah Barat di pimpin Kapolres Probolinggo AKBP Ferdi Irawan.

Petugas menyasar tempat-tempat berkumpulnya warga. Antara lain Alun-alun Kraksaan, Probolinggo. Di sana, aparat gabungan bubarkan kerumunan warga. Para remaja yang kedapatan sedang nongkrong, langsung diminta membubarkan diri dan pulang ke rumah masing-masing.

Lalu di wilayah Paiton, petugas mendatangi nelayan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Sejumlah nelayan sedang berkumpul sebelum melaut. Mereka mendapatkan edukasi terkait upaya pencegahan penyebaran virus Corona.

“Kegitaan ini sesuai arahan kapolres. Melaksanakan imbaun pemerintah untuk menghindari kerumuman. Kami memastikan tidak ada warga yang berkeliaran tanpa kepentingan jelas,” kata Wakapolres Probolinggo Kompol Agung Setyono.

Masyarakat diminta menjaga jarak  aman sebisa mungkin dan tidak berumpul lebih dari 20 orang. Kemudian melakukan pola hidup bersih supaya terhindar dari virus Corona. “Kami sampaikan imbauan sosial distancing sampai masa darurat Corona berakhir. Yang melanggar akan kami lakukan penegakan hukum,” tegas Agung.(Agus Susanto)

SHARE