digital program

Emak-emak Blokir Ratusan Truk Material

Emak-emak Blokir Ratusan Truk Material
Emak-emak blokir ratusan truk material di Desa Kalanganyar, Candi Sidoarjo.

Sidoarjo – Proyek perumahan di Tambak Cemandi dan Banjar Kemuning, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, harus berhenti sementara. Pasalnya, ratusan truk pengangkut dan pemasok material bangunan tak bisa beroperasi. Kendaraan tersebut diblokir puluhan ibu-ibu atau emak-emak dari Desa Kalanganyar, Sedati.

Aksi puluhan emak-emak blokir truk material bukan tanpa alasan. Truk yang berlalu-lalang di jalan desa menimbulkan polusi udara. Debu beterbangan dan mengotori rumah-rumah warga. “Ini polusi. Debunya itu lho. Mengganggu perjalanan juga,” cetus warga Desa Kalanganyar Fauzia di sela aksi pemblokiran truk pengangangkut material bangunan, Rabu (6/5/2020).

Terlebih saat ini, di Sidoarjo sedang diterapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Kendati demikian, aktifitas pengurukan besar-besaran untuk proyek perumahan terus dilakukan. Warga akan menggelar aksi sampai tuntutannya dipenuhi. “Tuntutannya mendapatkan uang ganti rugi debu. Blokade ini dilakukan sampai dapat ganti rugi,” tukas Fauzia.

Pernyataan serupa disampaikan warga Desa Kalanganyar lainnya, Inaya. Ia mengaku rumah penuh debu sejak banyaknya truk pengangkut material yang melintas. bahkan, debu juga mengotori barang dagangannya di rumah. “Kami mita uang kompensasi debu. Gara-gara lockdown, nggak bisa jualan. Jualan di rumah kena debu, akhirnya buang,” keluhnya.

Pantauan di lapangan, para emak-emak langsung menghentikan truk pengangkut material yang melintas. Sopir truk pun tak bisa berbuat banyak. Mereka hanya bisa menunggu sambil duduk-duduk di tepi jalan. Aksi warga ini menimbulkan kemacetan lalu lintas sepanjang sekitar tiga kilometer.(Al Anshori)

SHARE