digital program

Ijab Kabul Dulu, Resepsi Pernikahannya Entah

Ijab Kabul Dulu, Resepsi Pernikahannya Entah
Salah satu ijab kabul di KUA Kecamatan Bringin. (Foto: Andik Ari Wibowo)

Ngawi – Memasuki era new normal, sejumlah calon pengantin mulai mempersiapkan rencana pernikahannya. Di Ngawi, Jawa Timur, acara resepsi pernikahan belum mendapatkan izin dari kepolisian setempat. Sejumlah calon pengantin terpaksa hanya melaksanakan ijab kabul untuk meresmikan hubungan mereka.

Sejumlah calon pasangan pengantin akan melaksanakan ijab kabul di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Bringin, Kabupaten Ngawi. Sedikitnya terdapat tiga pasangan pengantin yang akan melaksanakan acara sakral itu.

Akad nikah ini bisa dilakukan di KUA maupun di rumah pengantin. Namun tentu saja protokol kesehatan harus diterapkan saat akad nikah dilakukan. Kedua calon pengantin dan wali nikah, wajib mengenakan masker. Sedangkan penghulu, juga mengenakan APD dan sementara tidak berjabat tangan dengan pengantin pria.

Baca Juga: Face Shield Jadi Dresscode Pesta Pernikahan

Umi Rahmawati, salah satu calon pengantin mengaku usai akad nikah, tidak mengadakan acara resepsi pernikahan yang mengundang banyak orang di rumah. “Setelah ini kami hanya menggelar tasyakuran sederhana saja di rumah. Dihadiri keluarga dari kedua pasangan pengantin saja,” tutur Umi usai melaksanakan ijab kabul di KUA Kecamatan Bringin.

Hingga saat ini, belum diketahui sampai kapan pelarangan kegiatan pesta pernikahan berlaku. Namun sejumlah warga berharap, izin keramaian khususnya pesta pernikahan boleh dilakukan. Mereka juga siap menerapkan protokol kesehatan saat menggelar acara tersebut. (Andik Ari Wibowo)

 

SHARE