digital program

Kurangi Interaksi Lewat Aplikasi

Kurangi Interaksi Lewat Aplikasi
Pelanggan Kopisae melakukan pemesanan lewat komputer.(Foto: Melany Moussa)

Surabaya – Wabah virus Corona atau Covid-19 menghadirkan tatanan hidup baru. Tak terkecuali di kafe. Kini untuk melakukan pemesanan maupun pembayaran, antara pelanggan dan pelayan tak harus berinteraksi langsung. Melainkan cukup menggunakan aplikasi yang disediakan. Sistem tersebut salah satunya diterapkan di Kafe Kopisae.

Sejak beberapa hari lalu, Kopisae sudah kembali beroperasi. Lokasinya di Jalan Margorejo Indah, Surabaya, Jawa Timur. Protokol pencegahan penularan Covid-19 tetap diterapkan. Baik kepada pelanggan maupun karyawan.

Di pintu masuk kafe, terpampang spanduk imbauan terkait pencegahan penularan Covid-19. Di sana tertulis anjuran untuk memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak. “Banyak hal disiapkan. Salah satunya physical distancing. Kami setting ulang meja dan kursi,” kata pemilik Kafe  Kopisae Zeandy Rizky Abadi ketika dikonfirmasi.

Setelah masuk, pelanggan akan mendapati sebuah komputer yang disediakan secara khusus. Melalui perangkat itulah, pelanggan bisa melakukan pemesanan. Semua gambar menu makanan dan minuman ditampilkan. Pelanggan bebas memilih dan selanjutnya tinggal duduk manis menunggu pesanan diantar.

Selain melalui komputer, pelanggan juga bisa memesan langsung lewat handphone. Caranya dengan menginstal aplikasi  “Kopi Saya”. “Tinggal instal, lalu pilih menu lewat aplikasi. Jadi tidak perlu menuggu di kasir,” terang Zeandy.

Bukan hanya pemesanan. Pelanggan sekaligus bisa membayar dengan sistem online. Misalnya dengan kartu kredit, kartu debit, maupun sistem pembayaran nontunai lainnya. “Kalau mau bayar, bisa pilih banyak sekali tanpa harus menggunakan uang langsung,” imbuhnya.

Harapannya, aplikasi “Kopi Saya” dan pembayaran online bisa meminimlisasi interaksi pelanggan dengan pelayan. Dengan begitu, penyebaran Covid-19 bisa terus ditekan. Bagaimana, Anda tertarik untuk mencobanya? (Melany Moussa)

SHARE