digital program

Memancing Sampah Berhadiah Voucher Jajan

Memancing Sampah Berhadiah Voucher Jajan
Siswa SD Muhammadiyah 12 Surabaya memancing sampah di sungai.

Surabaya – Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 12 Surabaya menggelar kerja bakti membersihkan sungai. Namun cara yang dilakukan tak biasa. Tak sekadar memungut sampah di sungai, tapi melalui kegiatan memancing sampah berhadiah voucher jajan.

Kerja bakti membersihkan sampah dilakukan di Sungai Sumbermulyo kawasan Dupak, Surabaya. Kegiatan diikuti puluhan siswa. Mereka tidak terjun langsung ke sungai. Melainkan hanya berdiri di tepi sungai sambil membawa pancing.

Sejumlah siswa beberapa kali melemparkan joran pancing ke arah sungai. Berharap ada yang tersangkut di mata kail. Bukan ikan, tapi sampah. Upaya mereka pun tak sia-sia. Berbagai jenis sampah berhasil diangkat dari sungai.

Saat mata kail tersangkut sampah, para siswa tampak kegirangan. Mereka berteriak sambil menggulung tali pancing dengan cepat. Selanjutnya, sampah dikumpulkan untuk ditukarkan voucher jajan di kantin sekolah.

Metode membersihkan sungai dengan cara memancing sampah berhadiah voucher jajan mendapat respons positif dari para siswa. Kegiatan tersebut akan dijadikan sebagai kegiatan rutin. “Harapannya, menanamkan kepedulian lingkungan kepada para siswa sejak dini,” kata guru SD Muhammadiyah 12 Surabaya Sudarno.

Kerja bakti membersihkan sungai juga dalam rangka mencegah banjir. Apalagi sekarang sudah masuk musim penghujan. “Sampah menjadi salah satu pemicu banjir saat hujan,” tandas Sudarno.

Sementara itu, siswa kelas 4 SD Muhammadiyah 12 Surabaya Hafid mengaku senang bisa membersihkan sampah di sungai dengan menggunakan pancing. “Senang, sampahnya bisa ditukar voucher jajan di kantin,” cetusnya.(Krisna Fajar)

 

SHARE