digital program

Napak Tilas Katjong

Napak Tilas Katjong
Saat anggota Brimob Polri dan TNI mengikuti longmarch

Batu – Napak Tilas Katjong. Satuan Brimob POLDA Jawa Timur menggelar napak tilas perjuangan.

Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mengangkat sejarah pahlawan perjuangan.

Serta menggelorakan kembali seorang pahlawan Kepolisian Agen Polisi Katjong Permadi, yang gugur di medan perang dan memperingati hari jadi Brimob ke 74. Tidak hanya itu saja, Brimob POLDA Jatim juga melakukan beragam bakti sosial kepada masyarakat, yang bertemakan Brimob untuk Indonesia.

Napak Tilas Katjong. Napak tilas dengan melakukan longmarch sepanjang 68 kilo meter ini, dimulai dari Kabupaten Jombang menuju Malang. Yang diikuti  oleh anggota Brimob Polri dan TNI dan berakhir di Monumen Perjuangan Status Quo, yang berada di Kantor Kecamatan Pujon. Napak tilas ini digelar sejak tanggal 3- 6 November 2019.

Kedatangan peserta napak tilas disambut Wakapolda Jawa Timur, di Monumen Pahlawan Agen Polisi Katjong Permadi di Kecamatan Pujon Kabupaten  Malang.

Sementera, untuk menghormati pahlawan yang telah gugur di medan perang, Wakapolda bersama Panglima Kodam V Brawijaya dan Inisiator Pengangkat Pahlawan Kepolisian Katjong Permadi yakni AKBP Budi Hermanto, menyerahkan tali asih kepada keluarga Agen Polisi Katjong Permadi.

“Napak tilas dan upacara peringatan ini sebagai penghargaan dan mengenang jasa pahlawan Bhayangkara sejati dalam menghalau penjajah dan mempertahankan kemerdekaan RI. Dan berharap seluruh jajaran kepolisian bisa meneladani semangat para pahlawan terdahulu. Dan mengedepankan pelayanan dan melindungi keamanan” ungkap Brigjen Djamaludin  Wakapolda Jatim

Diharapkan, jajaran kepolisian bisa menunjukkan kesetiaannya dalam menjalankan tugas keamanan dan  menunjukkan jiwa satria, menunjukkan ideologi polri yang loyalitas dan berani.

“Kegiatan ini baru pertama kali kita gelar. Alhamdulillah dalam pelaksanaan, kita mendapat sambutan baik dari masyarakat sekitar. Ide ini muncul usai kita membaca buku perjuangan Agen Polisi Katjoeng Permadi. Dan ingin menggaungkan salah satu pahlawan dari kepolisian” imbuh Brigjen Djamaludin.

Brigjen Djamaludin menambahkan, dengan kegiatan ini diharapkan bisa meneladani kebersamaan kepolisian dan TNI demi keutuhan NKRI. Dimana kuatnya suatu negara tercermin dari kuatnya kedua Instansi ini. (Tuhu Priono)

 

 

SHARE