digital program

Pemprov Jatim Siapkan Ruang Observasi Corona

Pemprov Jatim Siapkan Ruang Observasi Corona
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meninjau ruang observasi di Gedung BPSDM Surabaya.

Surabaya – Pemerintah Provinsi atau Pemprov Jatim siapkan ruang observasi Corona atau Covid-19. Letaknya di Gedung Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM). Baik BPSMD Surabaya maupun Malang.

Ruang observasi Corona dilengkapi dengan sejumlah fasilitas. Antara lain bed atau tempat tidur. Saat ini, di BPSDM Surabaya sudah tersedia 350 bed. “Tetapi ada dua hall, bisa tambah 100 bed lagi,” kata Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di sela meninjau kesiapan ruang observasi.

Untuk Gedung BPSDM Malang, bisa menampung sekitar 150 bed. Artinya, ruang observasi Corona di Gedung BPSDM saja bisa menyediakan 600 bed atau tempat tidur.

“Ingin memastikan bahwa di ruang isolasi khusus hanya pasien dengan pengawasan (PDP) dan positif Corona. Tetapi ODP (orang dengan pengawasan) juga butuh ruang observasi. Ini salah satu yang sudah disiapkan,” papar Ketua Ketua Umum PP Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) tersebut.

Penataan bed di ruang observasi, jaraknya minimal minimal satu meter. Tempat tersebut juga dilengkapi dengan fasilitas olahraga. Selanjutnya, Pemprov Jatim akan melakukan koordinasi dengan pihak lain guna menyiapkan tenaga medis.

Khofifah menegaskan, Pemprov Jatim siapkan ruang observasi Corona sebagai upaya penanganan wabah penyakit yang sekarang melanda sejumlah negara. Termasuk di Indonesia yang sudah ditemukan beberapa kasus virus Corona. “Untuk memastikan bahwa persiapan kami kalau misalnya ada ada permintaan observasi tertetu, ini salah satu yang sudah siapkan,” ujar Khofifah.

Di Jatim sendiri, terdapat 142 PDP Covid-19. Ditambah 2.003 ODP virus Corona.(Deasy Anggraini)

SHARE