digital program

Pencuri Kayu Tertangkap di ATM

Magetan – Keputusan Misni untuk mampir di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) mengantarkannya masuk penjara. Bukan karena ingin membobol mesin uang. Tapi, pria 45 tahun itu akhirnya kepergok petugas setelah melakukan pencurian kayu.

Tersangka tercatat sebagai warga Dukuh Jatirejo, Kelurahan Lembeyan, Kecamatan Lembeyan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Malam itu, Misni mencuri kayu di hutan yang dikelola RPH Lawu DS. Segelondong kayu sono berukuran sedang berhasil didapatkannya.

Kayu hasil dicurian kemudian diangkut menggunakan sepeda motor. Turut diangkut pula gergaji mesin yang digunakan untuk menebang kayu. Selanjutnya, Misni keluar dari hutan dan menuju rumah.

Di perjalanan, tersangka mendapati sebuah ATM. Tepatnya di area Pasar Lembeyan. Ia lantas mampir untuk mengambil uang. Sepeda motor yang mengangkut kayu curian dan gergaji mesin ditinggalkan begitu saja di tepi jalan.

Saat Misni mengambil uang di ATM, ada aparat kepolisian yang sedang melalukan patroli. Merasa ada yang janggal, petugas lalu melakukan pengecekan. Misni pun tak bisa berkutik. Barang bukti pencurian kayu sudah di depan mata. “Pelaku sendirian. Rencananya dipakai sendiri. Saya rasa sering (pelaku mencuri kayu),” kata Kasat Reskrim Polres Magetan AKP Ryan Wira Raja Pratama dalam keterangannya.

Petugas lantas menggelandang Misni ke kantor polisi. Sepeda motor beserta kayu hasil curian dan gergaji mesin turut disita sebagai barang bukti. Akibat perbuatan melanggar hukum, tersangka akan dijerat pasal 12 huruf e subsider  pasal 83 Undang-undang Nomor 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan (P3H).(Joko Prayitno)

SHARE