digital program

Polda Tetapkan Tersangka Ambruknya SDN Gentong

Polda Tetapkan Tersangka Ambruknya SDN Gentong
Irjen Pol Luki Hermawan saat ditemui awak media

Pasuruan – Polda tetapkan tersangka ambruknya SDN Gentong. Setelah melakukan penyidikan dan memeriksa saksi-saksi atas insiden ambruknya atap SDN Gentong Kota Pasuruan. Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan bersama jajaran mengungkapkan bahwa penyidik Ditreskrimsus telah menetapkan dua orang sebagai tersangka. Mereka adalah D dari CV DHL selaku penyedia galvalum serta S dari CV ADL yang menjadi pelaksana proyek.

Keduanya bahkan sudah diamankan. Mereka ditangkap ketika melarikan diri ke Kabupaten Kediri Jumat malam (8/11/2019). ”Sekarang sudah ditahan di mapolda,” ungkap Irjen Pol Luki Hermawan dalam kunjungan ke SDN Gentong kemarin (9/11/2019).

Polda tetapkan tersangka ambruknya SDN Gentong. Diketahui dari hasil penyidikan oleh tim Polda Jatim dan tim labfor, ditemukan beberapa kesalahan yang fatal dilakukan dalam pengerjaan proyek. Salah satunya besi ring yang jaraknya tidak sesuai untuk setiap ring yang dipasang, sehingga cukup rawan akan terjadinya kerusakan struktur bangunan.

“Kami sudah melakukan gelar perkara dan menetapkan serta menahan dua orang tersangka. Tersangka dianggap lalai dalam melaksanakan pembangunan hingga menyebabkan adanya korban,” ujar Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan usai meninjau lokasi kejadian.

Menurut Kapolda Irjen Pol Luki Hermawan, selain adanya tindak pidana, pihaknya juga tengah menyelidiki dugaan tindak pidana korupsi. Sebab, pembangunan gedung tersebut menggunakan uang negara. Indikasi dugaan korupsi ini juga mengacu hasil audit BPK yang menyebut ada ketidakberesan dalam pembangunannya.

Irjen Pol Luki Hermawan menambahkan, kasus ini akan terus dikembangkan untuk mengungkap tindak pidana korupsi dalam pembangunan rehab kelas tersebut.

Kini kedua tersangka di kenai pasal 359 KUHP tentang tindak pidana kelalaian yang menyebabkan hilangnya nyawa seseorang dengan ancaman hukuman diatas tujuh tahun penjara. (Zia Ulhaq)

 

SHARE