digital program

Ratusan Warga Magetan Punguti Sampah

Ratusan Warga Magetan Punguti Sampah
Sejumlah warga membersihkan sampah di Sungai Ulo, Desa Jajar, Magetan.

Magetan – Sampah masih banyak berserakan di sungai-sungai di wilayah Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Mulai dari sampah rumah tangga hingga pohon-pohon yang hanyut terbawa arus air. Sebagai bentuk kepedulian, ratusan warga Magetan punguti sampah di sungai.

Aksi bersih-bersih sampah dilakukan di Sungai Ulo, Desa Jajar, Kecamatan Kartoharjo, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Kegiatan tersebut sebagai upaya mencegah banjir. Terlebih sekarang sudah masuk musim penghujan.

Ratusan warga bergotong-royong membersihkan sampah. Sejumlah peralatan juga dikerahkan. Seperti perahu karet dan mesin pemotong. Sebab ada sampah dari pohon yang tidak bisa langsung diangkat. Ukuran pohon yang cukup besar, membuat petugas harus memotongnya.

Hasilnya, puluhan ton sampah berhasil diangkat dari aliran Sungai Ulo. “Pembersihan sampah di Desa Jajar ini karena Sungai Ulo menjadi  penyebab terjadinya banjir,” kata Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magetan Fery Yoga.

Sebelumnya akibat luapan air Sungai Ulo, 3 desa terendam banjir. Yakni, Desa Jajar, Ngelang dan Sukowidi. Ketiga desa masuk wilayah Kecamatan Kartoharjo. Tak ingin peristiwa banjir terulang, ratusan warga Magetan punguti sampah di Sungai Ulo.

Sementara itu, masih banyaknya tumpukan sampah di sungai membuktikan bahwa tingkat kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan  masih rendah. Akibatnya, bencana banjir senantiasa mengancam.(Joko Prayitno)

SHARE