digital program

Terjun ke Selokan Bersihkan Sampah

Terjun ke Selokan Bersihkan Sampah
Pegiat lingkungan membersihkan sampah di selokan.

Gresik – Puluhan pegiat lingkungan di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN). Mereka terjun ke selokan bersihkan sampah. Aksi tersebut diharapkan mampu mengedukasi masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Kegiatan bersih-bersih sampah diikuti puluhan orang dari berbagai kalangan. Yakni, pegiat lingkungan yang tergabung dalam Asosiasi Bank Sampah Gresik (Asbag), petugas Dinas Lingkungan Hidup Gresik, dan personel Kodim 0817 Gresik. Orang-orang berbeda latar belakang itu terjun ke selokan bersihkan sampah di Kelurahan Tlogopojok, Gresik, Jumat (14/2/2020) pagi.

Tanpa rasa canggung, para remaja, ibu-ibu dan bapak-bapak masuk ke selokan yang airnya berwarna hitam pekat. Di dalamnya terdapat banyak sampah. Mulai sampah plastik, daun, hingga popok bayi. Satu persatu sampah dipunguti dan dimasukkan ke dalam karung.

“Selain membersihkan sampah di selokan air dan permukiman warga, kami juga memberikan edukasi kepada warga agar tidak membuang sampah sembarang,” kata Ketua Asbag Siti Fitriah di sela kegiatan.

Kepala Seksi Pengelolaan Persampahan Dinas Lingkungan Hidup Gresik Umaya menambahkan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi mengenai pentingnya membuat sampah pada tempatnya. Tak sekadar dibuang, sampah juga harus dipilah-pilah. “Kami mengapresiasi bersih-bersih sampah yang dilakukan para pegiat lingkungan ini,” tutur Umaya.

Usai membersihkan sampah di selokan dan permukiman warga, dilakukan penandatanganan deklarasi pilah sampah dari rumah. Penandatanganan dilakukan pegiat lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup Gresik, Kodim 0817 Gresik, dan siswa.(Khanif Rosidin)

SHARE